Belajar.. harus menyenangkan..

Rasa senang dalam belajar adalah masalah suasana hati. Ini diperoleh melalui perlakukan guru dan orang tua melalui dorongan dan motivasi mereka. Sebenarnya yang diperlukan oleh anak-anak dalam belajar adalah rasa percaya diri. Maka tugas orang tua dan guru tentu saja menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Dari pengalaman hidup, kita sering menemukan begitu banyak anak yang ragu-ragu atas apa yang mereka pelajari, sehingga mereka perlu didorong dan diberi semangat lewat kata- kata dan perlakuan.

Agar setiap anak bisa belajar dengan senang dan memperoleh hasil yang optimal, maka orang tua sebagai pengasuh di rumah dan guru dari balik dinding sekolah perlu memperkenalkan tentang keterampilan belajar, kemampuan dalam berkomunikasi dan memperoleh lingkungan yang menyenangkan. Ternyata belajar juga memerlukan keterampilan. Agar seorang siswa tidak terjebak dalam kebosanan gaya belajar yang monoton (belajar cuma sekedar mencatat perkataan guru dan menghafal melulu) maka mereka perlu tahu bagaimana cara membaca, cara mencatat, cara mengolah suasana hati yang jitu, cara mengolah lingkungan dan cara berkomunikasi dengan guru dan teman teman selama pembelajaran.

Indera yang kita kenal ada 5 tapi yang berhubungan dengan belajar ada 3 yakni indera pendengaran, indera penglihatan dan indera meraba/bergerak. Sejak bayi anak-anak mengembangkan indera favorit mereka. Kecenderungan ini bertahan hingga usia sekolah. Sejak SD terlihat bahwa beberapa anak dapat lebih mudah belajar dari lainnya.

Anak-anak yang terutama menggunakan indera mendengar atau melihat biasanya dapat mengatasi belajar di sekolah dengan cukup baik. Karena memang pelajaran di sekolah itu biasanya dipersiapkan untuk para pembelajar yang menggunakan jalur indera ini. Sedangkan murid yang belajar melalui rabaan/bergerak, akan lebih memiliki kesulitan karena jalur indera ini jarang digunakan di bidang kognitif terutama. Karena itulah dengan mengenali tipe belajar mana anak-anak kita berada akan membantu membuat belajar bagi mereka menjadi lebih menyenangkan.

Ketiga tipe ini bisa dilihat di cara mereka dalam berkomunikasi, motorik kasar, emosi, hobby, sikap sosial, daya ingat, motorik halus, sekolah katanya

1. Tipe anak yang lebih senang belajar lewat indera penglihatan

biasanya mudah belajar menulis dan matematika karena ‘mata dalam’nya yang bekerja, sedangkan di bidang bahasa, musik mereka kurang, Untuk membantu mereka misalnya biarkan anak-anak anda secara rutin menelpon saudara atau temannya, bantulah kemampuan komunikasi mereka, langganankanlah majalah anak-anak yan baik dan bicaralah tentang banyak teman yang mereka tertarik, dalam hal meningkatkan gerakanannya, ajaklah banyak bergerak biasanya badminton sangat baik karena di sana ada koordinasi antara mata dan gerakan.

2. Tipe anak yang lebih senang belajar lewat indera rabaan/gerakan

anak anda ini sangat memiliki bakat olahraga tapi kurang berhasil di sekolah. Kekurangberhasilannya itu belum tentu karena tidak bisa mengikuti pelajaran, tapi anak anda perlu dibantu untuk mengaktifkan dan melatih indera melihat dan mendengar mereka. Untuk meningkatkan indera melihatnya misalnya dengan bermain computer kemudian kaligrafi agar minat seni untuk menulis terbangunkan. Dalam hal mendengar, beranikan anak anda untuk bernyanyi di depan mikrofon, bicaralah setiap hari tentang berita kemudian membacanya bersama dan mengamati foto. Bacalah setiap hari sebuah bab tentang cerita yang menegangkan, berilah kaset dongeng sambil melipat atau kneading.

3. Tipe anak yang lebih senang belajar lewat indera mendengar

ini biasanya sangat ideal untuk pelajaran yang saling berhadapan langsung. Ia memiliki daya ingat yang terlatih, yang mana informasi dan istilah dapat ia ingat. Pengetahuannya biasanya bidang komunikasi dan ilmu pasti. Banyak dari tipe ini sangat menyukai musik dan bahasa asing. Untuk meningkatkan indera melihatnya ajaklah main memory atau mikado, ajaklah melihat peta bersama selain itu, merajut sangat cocok untuk meningkatkan koordinasi motorik halusnya, kegiatan ini akan mengaktifkan kegiatan indera kedua lainnya, teater dan jalan-jalan seklaurga, main layangan, berkebun baik juga untuk dilakukan bersamanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: